Selasa, 17 Maret 2015

Soal Try Out US IPA SD/MI

Soal-soal uji coba atau try out sangat berguna untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah. Dengan banyak berlatih tentunya akan menambah pengetahuan tentang bentuk-bentuk soal yang akan diujikan nanti. Berikut ini saya mencoba menulis contoh soal try out Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Soal-soal ini berasal dari berbagai sumber yang saya temui. Semoga dapat membantu anda mempersiapkan Ujian Sekolah.

1. Ciri khusus yang dimiliki oleh angsa adalah memiliki kaki yang berselaput. Selaput pada kaki angsa tersebut berfungsi ...
  • a. berjalan di atas lumpur dan mengais makanan
  • b. berenang di air dan berjalan di atas lumpur
  • c. mengais makanan dan mencengkeram makanan
  • d. mencengkeram makanan dan berenang di air
2. Perhatikan tabel berikut!
N0.
Kelompok Tumbuhan
1.
Eceng gondok
2.
Teratai
3.
Genjer
4.
Semanggi
Kelompok tumbuhan pada tabel di samping dapat dikelompokkan berdasarkan …
  • a. habitatnya
  • b. cara perkembangbiakannya
  • c. bentuk daunnya
  • d. bentuk batangnya
3. Membunuh ular sawah adalah perbuatan yang tidak bijaksana, sebab ular sawah bermanfaat bagi petani untuk....
  • a. menyuburkan tanah 
  • b. menakut-nakuti pencuri 
  • c. memangsa hama tikus
  • d. memangsa hewan ternak
4. Pemerintah membangun suaka margasatwa dengan tujuan . . .
  • a. melestarikan tumbuhan tertentu 
  • b. melestarikan hewan langka 
  • c. melestarikan tumbuhan langka
  • d. melestarikan hewan dan tumbuhan langka
5. Perhatikan gambar di samping ini !
Tumbuhan seperti gambar di samping berkembangbiak dengan cara ….
  • a. rizhoma
  • b. stolon
  • c. geragih
  • d. tunas
6. Perubahan fisik yang dialami oleh anak laki – laki pada masa pubertas antara lain ialah . . ..
  • a. rambut menjadi panjang
  • b. tumbuhnya jakun
  • c. pinggulnya membesar
  • d. kaki membesar
7. Hewan yang memiliki daur hidup seperti kecoak adalah. . . .
  • a. tikus
  • b. lalat
  • c. belalang
  • d. katak
8. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh simbiosis komensalisme adalah . . .
  • a. Ikan badut dengan anemone laut
  • b. Ikan remora dengan ikan hiu
  • c. kupu-kupu yang hinggap di bunga mawar
  • d. angrek dan tumbuhan inangnya
9. Fitoplankton → …. → ikan kecil → ikan besar. Nama makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi rantai makanan pada ekosistem laut di atas, adalah…
  • a. plankton
  • b. zooplankton
  • c. anemon
  • d. koral
10. Perhatikan gambar di samping ini
Padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dan ular dimakan elang.
Berdasarkan rantai makanan di samping, ular berperan sebagai . . .
  • a. produsen
  • b. konsumen I
  • c. konsumen II
  • d. konsumen III
11. Perhatikan dampak-dampak kegiatan manusia berikut.
      1) Kematian beberapa jenis serangga seperti kupu dan lebah
      2) Hama serangga menjadi kebal
      3) Pencemaran tanah dan air
      4) Tanaman tumbuh subur;
      5) Tanah kaya akan humus.
Dampak penggunaan insektisida secara berlebihan ditunjukkan oleh nomor...
  • a. 1), 2), dan 3)
  • b. 2), 4), dan 5)
  • c. 2), 3), dan 4)
  • d. 3), 4), dan 5).
12. Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan panas dan kering, oleh sebab itu tumbuhan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya dengan cara memiliki daun berbentuk seperti duri. Hal ini bertujuan untuk ...
  • a. menyimpan air
  • b. melindungi diri
  • c. mengurangi penguapan
  • d. memperoleh air
13. Akar gantung pada pohon beringin berguna untuk . . .
  • a. menyerap air
  • b. alat pernapasan
  • c. menyerap zat hara
  • d. alat fotosintesis
14. Perhatikan gambar di samping ini !
Bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 5 seperti tampak pada gambar berfungsi untuk ….
  • a. menangkap gelombang suara
  • b. meneruskan rangsang ke otak
  • c. menyeimbangkan tekanan udara
  • d. mengubah suara menjadi getaran
15.  Cermati proses pernapasan berikut.
       1) menyesuaikan suhu dan kelembapan
       2) menyaring udara dari kotoran
       3) pertukaran O2 dan CO2
       4) mengeluarkan CO2
Diantara proses di atas yang berlangsung pada bagian paru-paru adalah...
  • a. 1), 2), dan 3)
  • b. 1) dan 2)
  • c. 3) saja
  • d. 4) saja
16. Perhatikan gambar di samping ! 
bagian yang ditunjuk dengan nomor 1 terjadi proses …
  • a. mengubah lemak menjadi asam lemak
  • b. mengubah protein menjadi asam amino
  • c.  mengubah tepung menjadi zat gula
  • d. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
17. Perhatikan gambar sekema alat peredaranan darah di samping !
     Urutan peredaran darah kecil adalah …
  • a. 3 – 1 – 8 – 9
  • b. 3 – 2 – 5 – 3
  • c. 3 – 5 – 2 – 4
  • d. 4 – 2 - 7 – 9
18. Perhatikan gambar rangka kepala di samping !
      Bagian rangka kepala yang diberi tanda X adalah....
  • a. tulang dahi
  • b. tulang pelipis
  • c. tulang rahang
  • d. tulang ubun-ubun
19. Beras mengandung karbohidrat, sedangkan keju mengandung lemak. Kedua jenis makanan tersebut  berfungsi untuk …
  • a. pertumbuhan
  • b. menghasilkan tenaga
  • c. melarutkan zat-zat makanan
  • d. mengganti sel-sel yang rusak
20. Orang yang sering merasa lelah dan mata berkunang – kunang, terindikasi menderita penyakit anemia. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung …
  • a. karbohidrat
  • b. protein
  • c. zat besi
  • d. lemak
21. Rini belajar memasak agar-agar. Setelah mencampur agar-agar, santan, gula, air, Rini memansakan campuran tersebut. Setelah mendidih, campuran tersbut dituangkan ke dalam cetakan. Perubahan wujud yang terjadi setelah campuran dingin adalah …
  • a. menguap
  • b. mencair
  • c. membeku
  • d. menyublim
22. Peralatan dapur seperti panci, wajan dan oven biasanya terbuat dari bahan alumunium, karena alumunium memiliki sifat …
  • a. ringan dan bersifat konduktor
  • b. ringan dan bersifat isolator
  • c. murah dan mudah didapat
  • d. murah dan mudah dibentuk
23. Awan memarkir sepedanya di tempat yang terkena langsung sinar matahari. Tiba – tiba ban sepedanya meletus. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh …
  • a. udara di dalam ban menekan
  • b. udara di dalam ban memuai
  • c. udara di dalam ban menyusut
  • d. udara di dalam ban menguap
24. Berikut ini adalah contoh perpindahan panas secara konveksi yang terjadi di alam adalah …
  • a. pada saat kita beada di dekat api unggun badan kita terasa hangat
  • b. panas matahari sampai kebumi
  • c. ujung logam akan terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan
  • d. tejadinya angin darat dan angin laut di sekitar pantai
25. Kegiatan pada gambar di samping kedua orang tersebut menggunakan gaya …
  • a. gaya pegas
  • b. gaya magnet
  • c. gaya otot
  • d. gaya gravitasi
26. Sebutir kelereng menggelinding jika disentil. Hal ini menunjukkan bahwa gaya memengaruhi…
  • a. gerak benda
  • b. bentuk benda
  • c. banyaknya benda
  • d. warna benda
27. Rama sedang menaikan sebuah drum kedalam truk dengan sebilah papan kayu. Jenis 
pesawat sederhana yang digunakan oleh Rama seperti pada gambar di samping adalah …
  • a. bidang miring
  • b. katrol
  • c. pengungkit
  • d. roda berporos
28. Perhatikan gambar di samping ! 
Sumber bunyi pada alat musik di samping ditunjukkan oleh nomor …
  • a. 1
  • b. 2
  • c. 3
  • d. 4
29. Perhatikan gambar di samping ! 
      Peristiwa seperti tampak pada gambar menunjukkan sifat 
      cahaya yaitu ....
  • a. cahaya menembus benda bening
  • b. cahaya merambat lurus
  • c. cahaya dapat dibiaskan
  • d. cahaya dapat dipantulkan
30. Pada gambar di samping terjadi perubahan bentuk energi…
  • a. listrik menjadi kinetik
  • b. kinetik menjadi listrik
  • c. kinetik menjadi bunyi
  • d. listrik menjadi bunyi
31. Perhatikan sumber energi berikut !
  • 1. Sinar matahari
  • 2. Minyak bumi
  • 3. Angin
  • 4. Batu bara
      Yang termasuk energi alternatif adalah nomor …
  • a. 1 dan 3
  • b. 2 dan 4
  • c. 3 dan 4
  • d. 1 dan 2
32. Perhatikan gambar rangkaian listrik di samping !
Jika saklar S2 diputus, lampu yang masih menyala adalah ....
  • a. L1 dan L3
  • b. L1 dan L4
  • c. L3 dan L4
  • d. L2 dan L3
33. Daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi tanaman memiliki curah hujan yang tinggi, beriklim sedang, dan terdapat banyak batuan kuarsa. Jenis tanah yang terdapat dipegunungan terebut adalah....
  • a. kapur
  • b. gambut
  • c. podzolik
  • d. endapan
34. Salah satu hasil pengolahan minyak bumi yang banyak digunakan adalah aspal. Aspal bermanfaat untuk....
  • a. membut lilin
  • b. membuat jalan
  • c. membuat plastik
  • d. pelumas
35. Kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi yang semula hijau menjadi kering dan tandus sehingga mudah mengalami erosi adalah …
  • a. pembangunan pusat perbelanjaan
  • b. membakar hutan untuk lahan pertanian
  • c. pembuatan sengkedan di lahan yang miring
  • d. membuang sampah tidak pada tempatnya
36. Perhatikan sumber daya alam berikut.
      1. Avtur, 2. Vaselin, 3. Biosolar, 4. Kerosin, 5. Gasohol, 6. Biogas. 
      Yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu nomor …
  • a. 1, 3, dan 4
  • b. 2, 4, dan 5
  • c. 3, 5, dan 6
  • d. 4, 5, dan 6
37. Planet berikut yang jaraknya paling dekat dengan matahari adalah …
  • a. Neptunus
  • b. Bumi
  • c. Jupiter
  • d. Mars
38. Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut !
      1) Pergantian siang dan malam
      2) Gerak semu tahunan matahari
      3) Perbedaan waktu di berbagai tempat di dunia
      4) Pergantian musim
      Pernyataan yang menujukkan akibat rotasi bumi adalah …
  • a. 1 dan 2
  • b. 1 dan 3
  • c. 2 dan 3
  • d. 2 dan 4
39. Perhatikan skema gerhana di samping !
Gerhana matahari sebagian seperti pada gambar di atas terjadi pada bagian bumi yang berada pada posisi nomor… .
  • a. 1 dan 2
  • b. 1 dan 3
  • c. 2 dan 3
  • d. 2 dan 4
40. Satu tahun syamsiah terdapat 365 hari di tahun biasa dan terdapat 366 hari di tahun kabisat. Perhitungan tahun Syamsiah didasarkan pada …
  • a. kala rotasi bumi
  • b. kala revolusi bumi
  • c. kala rotasi bulan
  • d. kala revolusi bulan

Rabu, 18 Februari 2015

Sabtu, 03 Januari 2015

FOTO KEGIATAN MEMPERINGATI HARI KARTINI





FOTO KEGIATAN PRAMUKA PADA JAMBORE RANTING KWARRAN JEKULO TAHUN 2014













Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyyah (MI) pada Kurikulum 2013


MATA PELAJARAN ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER-MINGGU
I II IIIIVVVI
Kelompok A
1.
a. Al-Qur’an Hadis222222
b. Akidah Akhlak222222
c. Fikih222222
d. Sejarah Kebudayaan Islam--2222
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarga negaraan 556555
3. Bahasa Indonesia 8910777
4.Bahasa Arab222222
5. Matematika 566666
6. Ilmu Pengetahuan Alam ---333
7. Ilmu Pengetahuan Sosial ---333
Kelompok B
1. Seni Budaya dan Prakarya444555
2. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 444444
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 343640434343

FOTO KEGIATAN ZIARAH WISATA DAN MUWADDA'AH 2014






FOTO ANIMASI


Selasa, 02 Desember 2014

Lambang Kementerian Agama


Isi Lambang Kementerian Agama adalah : Bintang terletak di ujung pertemuan tangkai padi dan kapas. Tangkai kapas dan padi yang melingkar terdapat 17 kuntum bunga kapas dan 45 butir padi. Delapan baris tulisan pada dua permukaan lembaran kitab suci. Kitab suci di atas alas terletak di tengah-tengah lambang. Semboyan “Ikhlas Beramal” ditulis dalam pita di bawah kitab suci. Warna Lambang Kementerian Agama : Dasar berwarna hijau tua Bintang berwarna kuning emas Bunga kapas berwarna hijau putih Delapan baris tulisan dalam kitab suci berwarna hitam Padi berwarna kuning emas Kitab suci berwarna kuning emas Alas kitab suci berwarna hitam Kalimat “Ikhlas Beramal” berwarna hitam Pita berwarna hitam (ganti putih, KMA No. 43/1982) Perisai segi lima sama sisi berwarna kuning Makna warna-warni dalam Lambang Kementerian Agama adalah sebagai berikut : Bintang bersudut lima yang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila, bermakna bahwa Karyawan Kementerian Agama selalu menta’ati dan menjunjung tinggi norma-norma agama dalam melaksanakan tugas Pemerintahan dalam Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. 17 kuntum bunga kapas, 8 butir tulisan dalam kitab suci dan 45 butir padi bermakna Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia. Menunjukkan kebulatan tekad para Karyawan Kementerian Agama untuk membela Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Butiran padi dan kapas yang melingkar berbentuk bulatan bermana bahwa Karyawan Kementerian Agama mengemban tugas untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, dan merata. Kitab suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan yang serasi antara kebahagiaan duniawi dan ukhrowi, materiil, dan spirituil dengan ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Alas kitab suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan potensi dinamis dari kitab suci. Kalimat “Ikhlas Beramal” bermakna bahwa Karyawan Kementerian Agama dalam mengabdi kepada masyarakat dan Negara berlandaskan niat beribadah dengan tulus dan ikhlas. Perisai yang berbentuk segi lima sama sisi dimaksudkan bahwa kerukunan hidup antar umat beragama di negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dilindungi sepenuhnya sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945. Kelengkapan makna lambang Kementerian Agama melukiskan Motto : “Dengan iman yang teguh dan hati yang suci serta menghayati dan mengamalkan Pancasila yang merupakan tuntutan dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, Karyawan Kementerian Agama bertekad bahwa mengabdi kepada Negara adalah ibadah.

Minggu, 05 Januari 2014

Download Buku Pelajaran Siswa SD/MI Semester 1 Kurikulum 2013



Pada proses implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mencetak Buku Pegangan Guru dan Buku Pegangan siswa. Khusus untuk jenjang SD/MI Buku yang telah dicetak adalah buku Kelas 1 dan Kelas 4. Untuk Kelas 1 Kemdikbud telah mempersiapkan 10 buku untuk satu semester, yaitu 6 buku Agama (Islam, Kristen, Khonghucu, Katolik, Hindu, Budha) dan 4 Buku Tematik. Demikian pula untuk kelas 4, Kemdikbud juga telah mempersiapkan 10 buku untuk satu semester, yaitu 6 buku Agama (Islam, Kristen, Khonghucu, Katolik, Hindu, Budha) dan 4 Buku Tematik.

Kurikulum baru di Madrasah rencananya akan mulai diterapkan pada tahun Pembelajaran 2014/2015. Bagi Sahabat Abdima Guru MI yang membutuhkan Buku Pelajaran Siswa SD/MI Kurikulum 2013 baik untuk Persiapan PLPG maupun untuk mempersiapkan diri dan mempelajari lebih awal buku-buku tersebut, Silahkan mengunduh Buku Pelajaran Siswa SD/MI Kurikulum 2013 pada tautan dibawah ini :

Tematik Kelas 1 :
Tematik Kelas 4 :
Sengaja untuk Buku Agama tidak kami masukkan karena untuk untuk Mapel Agama dan Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah masih menunggu Kurikulum baru dari Kementerian Agama (Kemenag) yang menurut rencananya akan mulai diberlakukan pada Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Demikian mengenai Buku Pelajaran Siswa SD/MI Kurikulum 2013, semoga ada manfaatnya. 

Artikel Terkait:
Download Buku Pelajaran Siswa SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 

Download Buku Pegangan Guru SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013