Jumat, 20 Maret 2015

Prediksi Ujian Sekolah Matematika 2014

Prediksi Ujian Sekolah Matematika 2014. Soal prediksi ini saya susun berdasarkan kisi-kisi Ujian Sekolah Tahun 2014. Kompetensi Dasar dan Indikator sengaja saya lampirkan agar memudahkan dalam membandingkan antara kisi-kisi dan bentuk soal. Pada Prediksi Ujian Sekolah Matematika 2014 ini juga saya sertakan kunci jawaban soal. Tentunya masih banyak kekurangan pada penyusuanan soal prediksi tersebut, mohon maaf sebelumnya. Semoga bisa membantu anda.
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah 
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah 
  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat
Contoh soal :
1. 3.975 : 25 + 147 × 65 = ....
  • a. 7.615
  • b. 9.714
  • c. 15.435
  • d. 19.890
3.975 : 25 + 147 × 65 = 159 + 9.555 = 9.714


2. Sebuah yayasan mempunyai 54 kardus mi instan. Setiap kardus berisi 40 bungkus mi instan. Mi instan tersebut dibagikan kepada 72 warga kurang mampu. Jika setiap warga menerima 15 bungkus, mi instan yang tersisa adalah...bungkus.
  • a. 1.040
  • b. 1.080
  • c. 1.140
  • d. 1.180
54 x 40 -(72 x 15) = 54 x 40 - 1.080 = 2.160 - 1.080 = 1.080
3. Hasil dari 21 × 3 – 34 : (–2) = ....
  • a. 97
  • b. 80
  • c. 63
  • d. 46
21 × 3 – 34 : (–2) = 63 - (-17) = 63 + 17 = 80
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan.
  • Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya
Contoh Soal :
4. Warung Pak Adi memiliki persediaan minyak tanah  3,5 drum. Dalam waktu 2 hari, minyak tanah tersebut laku berturut-turut 1 1/4 drum dan 2/3 drum. Sisa minyak tanah sebanyak .... drum.
  • a. 2 11/12
  • b. 2 1/12
  • c. 1 7/12
  • d. 1 1/12
3,5-(11+2)=7-(5+2)= 42- (15+8)=42-23)=19)=17
4324312121212121212
5. 5 2/5 x 4/9 : 1,5 =...
  • a. 1 1/5
  • b. 1 2/5
  • c. 1 3/5
  • d. 1 4/5
27x4:15=27 x 4101.080=1405 =1 3
591059156756755
6. Umur Andi = 1/4 dari umur Budi. Umur Budi = 2/3 dari umur Candra. Jumlah umur ketiganya adalah 44 tahun. Umur Candra adalah .... tahun.
  • a. 8
  • b. 16
  • c. 24
  • d. 30
7. Diberikan pecahan sebagai berikut.
   3 1/6; 3,25; 75%; 23/5
   Urutan pecahan dari yang terbesar ke terkecil adalah....
  • a. 75%; 3 1/8; 3,25; 23/5 
  • b. 75%; 3,25; 3 1/8; 23/5 
  • c. 23/5; 3,25; 3 1/8; 75%
  • d. 23/5; 3,25; 75%; 3 1/8
31=25= 3, 125; 3,25;75%=75=0,75; 23 =4,6
881005
Sehingga urutanya menjadi :
23;3,25 ;  31; 75%
56
Kopetensi Dasar :
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah.
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya
  • Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua-angka
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK
  • Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB
Contoh soal :
8. Faktor Persekutuan Terbesar dari 216 dan 72 adalah ....
  • a. 2 × 3
  • b. 2² × 3²
  • c. 2³ × 3² 
  • d. 2³ × 3³
216 = 2 x 2 x 2 x 3 x 3 x 3 = 2³ x 3³
72   = 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 2³ x 3²
FPB = 2³ x 3²
9. Kelipatan Persekutuan Terkecil dari 24, 48, dan 60 adalah ....
  • a. 220
  • b. 240
  • c. 120
  • d. 320
24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 2³ x 3; 48 = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 = 24 x 3; 60 = 2 x 2 x 3 x 5= 2² x 3 x 5
KPK = 2x 3 x 5 = 16 x 3 x 5 = 48 x 5 = 240
10. Toko Makmur dikunjungi pemasok telur setiap 8 hari sekali, pemasok sabun setiap 15 hari sekali,  dan pemasok susu instan setiap 30 hari sekali. Pada tanggal 2 oktober 2011 ketiga pemasok  datang bersama. Ketiga pemasok akan datang bersama lagi pada tanggal ....
  • a. 28 Januari 2012
  • b. 29 Januari 2012
  • c. 30 Januari 2012
  • d. 31 Januari 2012
8 = 2³
15 = 3 x 5
30 = 2 x 3 x 5
KPK = 2³ x 3 x 5 = 120
Jadi ketiga pemasok akan datang bersama setelah 120 hari dari tanggal 2 Oktober 2012 yaitu tanggal 30 Januari 2013. (Oktober 31 hari dikurangi 2 hari menjadi 29 hari, Nopember 30 hari, Desember 31 hari, Januari 2012 31 hari, sehingga Oktober + Nopember + Desember  = 29 + 30 + 31 = 90 + 30 ( januari 2013) = 120 hari
11. Kepala sekolah akan memberikan hadiah kepada  para siswanya yang berprestasi. Hadiah yang dibagikan berupa 14 piala dan 56 buku tulis. Jika  setiap siswa yang berprestasi mendapat piala dan  buku tulis yang sama maka paling banyak siswa  yang mendapat hadiah ada .... anak.
  • a. 8
  • b. 12
  • c. 14
  • d. 21
14 = 2 x 7; 56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 2³x 7, FPB = 2 x 7 = 14
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3.
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua. 
  • Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
  • Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga
Contoh Soal :
12. Hasil dari 15² – 13² = ....
  • a. 46
  • b. 56
  • c. 66
  • d. 7
15² – 13² = 225 - 169 = 56
13. ³19.683 ....
  • a. 13
  • b. 17
  • c. 23
  • d. 27
³19.683 = 27
14. Sebuah aquarium berbentuk kubus. Jika volume air dalam aquarium tersebut 343.000 cm³, maka tinggi aquarium adalah .... dm. 
  • a. 0,7
  • b. 7
  • c. 70
  • d. 700
³√343.000 = 70 = 7 dm
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, panjang, luas debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
  • Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume.
  • Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas.
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
Contoh Soal :
15. Jarak rumah Budi ke sekolah 1/2 km, sedangkan jarak sekolah ke rumah pamannya 5 dam. Jadi jarak dari rumah Budi ke rumah pamannya adalah ....
  • a. 545 m
  • c. 555 m
  • b. 550 m
  • d. 565 m
1/2 km = 1/2 x 1.000 m = 500 meter
5 dam = 5 x 10 m = 50 m
Jadi, jarak rumah Budi ke rumah pamannya 550 m.
16. Pak Wawan mempunyai 0,125 m³ bensin di dalam drum. Bensin tersebut dimasukan ke dalam botol-botol kecil berisi 1 dm³ untuk dijual. Setelah mengisi 8 botol kecil bensin, di dalam drum masih tersisa....liter.
  • a. 4,5 
  • b. 11,7
  • c. 45
  • d. 117
Diketahui : 0,125 m³ = 125 liter; 8 botol kecil = 8 dm³ = 8 liter
0,125 m³ - 8 dm³ = 125 liter - 8 liter = 117 liter
17. Pak Sofyan mempunyai 3 petak tanah yang  luasnya 0,5 hektare, 35 dam², dan 15 are. Luas  tanah Pak Sofyan seluruhnya .... m²
  • a. 10.000
  • b. 5.500
  • c. 1.000
  • d. 865
0,5 ha = 0,5 x 10.000 m² = 5.000 m²; 35 dam² = 35 x 100 = 3.500 m²; 15 are = 15 x 100 m² = 1.500 m²
Luas keseluruhan = 10.000 + 3.500 + 1.500 = 10.000 m²
18. Jarak antara kota A dan kota B 360 km. Husen dapat menempuh jarak tersebut dalam waktu 4 jam 30 menit. Berapakah kecepatan rata-rata tiap jam?
  • a. 80 km/jam
  • b. 84 km/jam
  • c. 90 km/jam
  • d. 120 km/jam
Diketahui : Jarak = 360 km; Waktu 4 jam 40 menit = 4, 5 jam.
Kecepatan =Jarak=360km= 80 km/jam
Waktu4,5 jam
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep, sifat dan unsurunsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
  • Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
  • Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
  • Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
  • Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
Contoh Soal :
19. Sifat sifat bangun datar sebagai berikut.
      1) Mempunyai tiga sudut sama besar.
      2) Mempunyai tiga simetri lipat.
      3) Mempunyai simetri putar tingkat tiga.
Bangun yang mempunyai sifat -sifat diatas adalah ....
  • a. segitiga siku-siku
  • b. segitiga sama sisi
  • c. segitiga sama kaki
  • d. segitiga sembarang
Bangun yang memiliki ketiga ciri di atas adalah segitiga sama sisi
20. Perhatikan gambar di bawah ini. 
      Hasil pencerminan bangun terhadap cermin g adalah ....
Hasil pencerminan bangun terhdap garis g adalah option c.
21. Banyak sisi bangun di samping adalah .... 
  • a. 6
  • b. 8
  • c. 10
  • d. 12
22. Perhatikan gambar di bawah ini.
Gambar yang sama dan sebangun adalah ....
  • a. (i) dan (ii)
  • b. (iv) dan (viii)
  • c. (iii) dan (vii)
  • d. (v) dan (vi)
Gambar yang sama dan sebangun adalah (v) dan (vi).
23. Yang merupakan jaring-jaring limas segi-4 adalah....
Jaring-jaring limas segiempat ditnjukan oleh option b.
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Indikator :
  • Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
  • Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
  • Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran).
Contoh Soal :
24. Luas bangun di atas adalah .... cm²
  • a. 515
  • b. 525
  • c. 535
  • d. 545

d1 = 20 + 15 = 35 cm; d2 = 15 + 15 = 30 cm
Luas = 1/2 x d1 x d2 =1/2 x 35 x 30 = 525 cm²
25 Perhatikan gambar di  samping! Luas bangun yang diarsir adalah .... cm².
  • a. 277
  • b. 267
  • c. 257
  • d. 247
Diameter lingkaran = 25 - 11 = 14 cm; Jari - jari = 14 : 2 = 7 cm
Luas = Luas persegi panjang + Luas 1/2 lingkaran
Luas = px l + 1/2 x Î r² = 25 x 8 + 1/2 x 22/7 x 7 x 7 = 200 + 77 = 277 cm²
26. Luas bangun disamping adalah .... cm²
  • a. 422
  • b. 432
  • c. 452
  • d. 462
Luas = 3/4 x Î r ²= 3/4 x 22/7 x 14 x 14 = 3/4 x 616 = 462 cm²
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Indikator :
  • Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok.
  • Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui.
  • Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui.
Contoh Soal :
27. Sebuah kaleng minyak berbentuk kubus dengan  rusuk 10 cm. Volume kaleng tersebut adalah ....cc 
  • a. 100.000 cc
  • b. 10.000 cc
  • c. 1.000 cc
  • d. 100 cc
Volume kaleng = 10³ = 1.000 cm³ = 1.000cc
28. Perhatikan gambar di samping.
      Volume prisma ABCPQR adalah .... cm³.
  • a. 120
  • b. 130
  • c. 140
  • d. 150
Volume = 1/2 x a x t x t= 1/2 x 4 x 5 x 15 = 150 cm³ 
29. Jika luas alas tabung ini 154 cm². Volume adalah .... cm³
  • a. 2.772
  • b. 1.386
  • c. 2.727
  • d. 1.836
Volume = a x t = 154 x 18 = 2.772 cm³
Kompetensi Dasar :
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Indikator :
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
Contoh Soal :
30. Perhatikan bidang koordinat pada gambar di samping! 
Letak koordinat yang benar adalah ....
  • a. P = ( 2, -3)
  • b. Q = ( 4,  0) 
  • c. R = ( 4,   1)
  • d. S = ( 6,  0 )
Titik P =(-3,2) Q (0, 4) R (3, 2) dan S (6, 0)


Kompetensi Dasar :
Mamahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih).
  • Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
  • Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
  • Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Contoh Soal :
31. Diagram batang berikut menyajikan data hasil panen palawija desa Makmur tahun 2008 -2012.
Hasil panen palawija yang berjumlah 550 ton adalah .... 
  • a. tahun 2008 dan tahun 2012
  • b. tahun 2008 dan tahun 2009
  • c. tahun 2009 dan tahun 2011
  • d. tahun 2009 dan ahun 2010
Tahun 2008 = 200; Tahun 2009 = 300; Tahun 2010 = 500; Tahun 2011 = 400; Tahun 2012 = 350
Jumlah data 55o ditunjukan oleh tahun 2008 dan 2012 (200 + 350 = 550)
32. Diagram lingkaran di samping menunjukkan jumlah ternak warga desa Suka Makmur.
      Jika banyak ternak sapi ada 120 ekor, maka banyak ternak 
      kambing ada .... ekor.
  •  a. 72
  •  b. 84
  •  c. 96
  •  d. 100
Menentukan jumlah data dan prosentase salah satu data
Sapi = 25 % = 120 ekor, jumlah ternak keseluruhan = 4 x 120 = 480
Kambing = 100% - (25% + 35% + 20%)= 100%-80% =20%
Kambing=
20
x 480 = 96 ekor
100
33. Data mata pelajaran yang disenangi siswa kelas VI  SD Cendekia sebagai berikut.
Mata Pelajaran
PKn
BI
Mat
IPA
IPS
Banyak Siswa
15
30
40
25
10
Diagram batang untuk data di atas adalah ....
Diagram batang yang tepat adalah option b.
34. Berikut ini data hasil panen jeruk di desa Jeruklegi. Jika dari tahun 2008 sampai tahun 
2009 jeruk naik 150 ton, tahun 2009 sampai tahun 2010 hasil panen jeruk naik...ton.
  • a. 30
  • b. 40 
  • c. 50
  • d. 60
Hasil panen tahun 2009 = hasil tahun 2008 + 150
Hasil panen tahun 2009 = 300 + 150 = 450 ton
Kenaikan tahun 2010 = 500 - 450 = 50 ton                                
Kompetensi Dasar :
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
Indikator :
  • Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
  • Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
  • Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
  • Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan.
  • Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita.
  • Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan.
Contoh Soal :
35. Nilai ulangan matematika 10 anak sebagai berikut.
      8,  7,  8,  10,  8,  6,  7,  8,  9,  6
      Rata-rata nilai mereka adalah...
  • a. 7,7
  • b. 7,8
  • c. 7,9
  • d. 8,0
Rata-rata = (8 + 7 + 8 + 10 + 8 + 6 + 7 + 8 + 9 + 6)
                                                 10
                   = 79 : 10 = 7,9
36. Berikut ini data panjang 16 potongan kayu dalam cm
Panjang Potongan (cm)
Banyak
68
2
70
3
72
2
74
3
75
2
80
3
82
1
Rata-rata panjang potongan kayu adalah ....cm
  • a. 76
  • b. 75
  • c. 74
  • d. 73
Rata-rata = (68 x 2)+(70 x 3)+(72 x 2)+(74 x 3)+(75 x 2) +(80 x 3)+(82 x 1)
                                           (2+3+2+3+2+3+1)
                  = 136 + 210 + 144 + 222 + 150 + 240 + 82
                                                         16
                  = 1.184 : 15 = 74 cm
37. Berikut ini disajikan data jumlah pengunjung 
      perpustakaan Cerdas Selama 6 hari.
      Rata-rata jumlah pengunjung perpustakaan 
      setiap hari adalah ....
  • a. 767
  • b. 677
  • c. 776
  • d. 777
Rata-rata = (631 + 722 + 780 + 512 + 860 + 557)
                                                    6
                  = 4.062 : 6 = 677
38. Data sekumpulan potongan pipa (dalam cm) sebagai berikut.
      5,5   5,6  5,8   6,1   6,2   5,6   5,7   6,2  6,1
      Median dari data diatas adalah .... cm.
  • a. 5,6
  • b. 5,8
  • c. 6,1
  • d. 6,2
Data berjumlah 9, median adalah data ke-5
Median = 5,5  5,6  5,6  5,7  5,8 6,1  6,1  6,2  6,2
39. Berat sejumlah karung pasir dicatat sebagai berikut.
  • Sebanyak 100 karung beratnya 70 kg.
  • Sebanyak 100 karung beratnya 80 kg.
  • Sebanyak 80 karung beratnya 90 kg.
  • Sebanyak 120 karung beratnya 105 kg.
  • Sebanyak 90 karung beratnya 110 kg.
Modus dari data berat karung pasir tersebut adalah ....
  • a. 100
  • b. 105
  • c. 110
  • d. 120
Modus = 105 (Sebanyak 120 karung beratnya 105 kg.)
40. Data di bawah ini menunjukkan waktu yang dibutuhkan seorang pelari (dalam detik) untuk  menempuh jarak satu putaran selama 20 kali putaran.
295  300  315  320  300  310  290  300  295  315 
315   320  315  290  320  300  310  295  315  295
Selisih waktu tercepat dan terlambat adalah ....detik
  • a. 20
  • b. 25
  • c. 30
  • d. 35
Waktu tercepat 320 detik, waktu terlambat 295 detik. Selisih waktu tercepat dan terlambat = 320 - 290 = 30 detik.

Jenis-jenis Tanah

Jenis-Jenis Tanah. Tanah merupakan salah satu bagian penyusun bumi. Menurut lapisannya tanah dibedakan menjadi lapisan tanah atas, lapisan tanah induk, dan lapisan batuan. Menurut butiran- butiran penyusunya tanah terdiri dari atas batu, kerikil, pasir, lumpur, tanah liat, dan debu. Berdasarkan jenisnya tanah dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

1. Tanah Berhumus
  • Tanah humus berada si lapisan atas, berwarna gelap, dan bersifat gembur. Tanah humus terbentuk dari pembusukkan tumbuh-tumbuhan. Tanah humus banyak terdapat di hutan tropis. Jenis tanah ini cocok untuk pertanian.
2. Tanah Kapur
  • Tanah kapur terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Jenis tanah ini sangat mudah dilalui air dan sedikit mengandung humus. Tanah ini sangat cocok untuk tumbuhan jati.
3. Tanah Gambut
  • Tanah gambut terbentuk di saerah rawa-rawa. Tanah gambut berasal dari pembusukkan tanaman rawa. Tanah ini bersifat asam, berwarna gelap, serta bertekstur lunak dan basah. Tanah gambut kurang subur sehingga tidak cocok untuk pertanian.
4. Tanah Vulkanik
  • Tanah vulkanik banyak terdapat di lereng-lereng gunung. Tanah ini terbentuk dari material abau yang tertinggal setelah terjadi letusan gunung berapi. Tanah vulkanik sangat subur sehingga sangat cocok untuk pertanian.
5. Tanah Pasir
  • Tanah pasir sangat mudah dilalui air atau bersifat porous. Tanah ini terbentuk dari pelapukkan batuan. Tanah pasir kurang untuk pertanian karena mengandung sedikit humus, tetapi cocock digunakan sebagai bahan bangunan.
6. Tanah Podzolik
  • Tanah podzolik mudah ditemukan di daerah pegunungan yang bercurah hujan tinggi dan beriklim sedang. Tanah jenis ini terbentuk dari pelpukkan batuan yang banyak mengandung kuarsa sehingga tanah podzolik berwarna kecoklatan. Tanah podzolik bersifat kurang subur karena mineralnya hanyut bersama air hujan.
7. Tanah Aluvial
  • Tanah aluvial disebut juga dengan tanah endapan karena terbentuk dari endapan lumpur yang terbawa oleh air hujan ke dataran rendah. Tanah aluvial bersifat subur karena berasal dari kikisan tanah humus sehingga cocok untuk pertanian.
8. Tanah Laterit
  • Tanah laterit berada di lapisan bawah. Tanah jenis ini berwarna kemerah-merahan dan tidak subur karena tidak mengandung humus.
9. Tanah Liat
  • Tanah liat atau lempung terdiri atas butiran-butiran liat yang sangat halus sehingga bersifat liat. Tanah ini sulit dilalui air, tetapi mudah dibentuk sehingga banyak dimanfaatkan untuk membuat gerabah.   

Selasa, 17 Maret 2015

Soal Try Out US IPA SD/MI

Soal-soal uji coba atau try out sangat berguna untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah. Dengan banyak berlatih tentunya akan menambah pengetahuan tentang bentuk-bentuk soal yang akan diujikan nanti. Berikut ini saya mencoba menulis contoh soal try out Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Soal-soal ini berasal dari berbagai sumber yang saya temui. Semoga dapat membantu anda mempersiapkan Ujian Sekolah.

1. Ciri khusus yang dimiliki oleh angsa adalah memiliki kaki yang berselaput. Selaput pada kaki angsa tersebut berfungsi ...
  • a. berjalan di atas lumpur dan mengais makanan
  • b. berenang di air dan berjalan di atas lumpur
  • c. mengais makanan dan mencengkeram makanan
  • d. mencengkeram makanan dan berenang di air
2. Perhatikan tabel berikut!
N0.
Kelompok Tumbuhan
1.
Eceng gondok
2.
Teratai
3.
Genjer
4.
Semanggi
Kelompok tumbuhan pada tabel di samping dapat dikelompokkan berdasarkan …
  • a. habitatnya
  • b. cara perkembangbiakannya
  • c. bentuk daunnya
  • d. bentuk batangnya
3. Membunuh ular sawah adalah perbuatan yang tidak bijaksana, sebab ular sawah bermanfaat bagi petani untuk....
  • a. menyuburkan tanah 
  • b. menakut-nakuti pencuri 
  • c. memangsa hama tikus
  • d. memangsa hewan ternak
4. Pemerintah membangun suaka margasatwa dengan tujuan . . .
  • a. melestarikan tumbuhan tertentu 
  • b. melestarikan hewan langka 
  • c. melestarikan tumbuhan langka
  • d. melestarikan hewan dan tumbuhan langka
5. Perhatikan gambar di samping ini !
Tumbuhan seperti gambar di samping berkembangbiak dengan cara ….
  • a. rizhoma
  • b. stolon
  • c. geragih
  • d. tunas
6. Perubahan fisik yang dialami oleh anak laki – laki pada masa pubertas antara lain ialah . . ..
  • a. rambut menjadi panjang
  • b. tumbuhnya jakun
  • c. pinggulnya membesar
  • d. kaki membesar
7. Hewan yang memiliki daur hidup seperti kecoak adalah. . . .
  • a. tikus
  • b. lalat
  • c. belalang
  • d. katak
8. Di bawah ini yang bukan merupakan contoh simbiosis komensalisme adalah . . .
  • a. Ikan badut dengan anemone laut
  • b. Ikan remora dengan ikan hiu
  • c. kupu-kupu yang hinggap di bunga mawar
  • d. angrek dan tumbuhan inangnya
9. Fitoplankton → …. → ikan kecil → ikan besar. Nama makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi rantai makanan pada ekosistem laut di atas, adalah…
  • a. plankton
  • b. zooplankton
  • c. anemon
  • d. koral
10. Perhatikan gambar di samping ini
Padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dan ular dimakan elang.
Berdasarkan rantai makanan di samping, ular berperan sebagai . . .
  • a. produsen
  • b. konsumen I
  • c. konsumen II
  • d. konsumen III
11. Perhatikan dampak-dampak kegiatan manusia berikut.
      1) Kematian beberapa jenis serangga seperti kupu dan lebah
      2) Hama serangga menjadi kebal
      3) Pencemaran tanah dan air
      4) Tanaman tumbuh subur;
      5) Tanah kaya akan humus.
Dampak penggunaan insektisida secara berlebihan ditunjukkan oleh nomor...
  • a. 1), 2), dan 3)
  • b. 2), 4), dan 5)
  • c. 2), 3), dan 4)
  • d. 3), 4), dan 5).
12. Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di lingkungan panas dan kering, oleh sebab itu tumbuhan kaktus beradaptasi dengan lingkungannya dengan cara memiliki daun berbentuk seperti duri. Hal ini bertujuan untuk ...
  • a. menyimpan air
  • b. melindungi diri
  • c. mengurangi penguapan
  • d. memperoleh air
13. Akar gantung pada pohon beringin berguna untuk . . .
  • a. menyerap air
  • b. alat pernapasan
  • c. menyerap zat hara
  • d. alat fotosintesis
14. Perhatikan gambar di samping ini !
Bagian telinga yang ditunjukkan oleh nomor 5 seperti tampak pada gambar berfungsi untuk ….
  • a. menangkap gelombang suara
  • b. meneruskan rangsang ke otak
  • c. menyeimbangkan tekanan udara
  • d. mengubah suara menjadi getaran
15.  Cermati proses pernapasan berikut.
       1) menyesuaikan suhu dan kelembapan
       2) menyaring udara dari kotoran
       3) pertukaran O2 dan CO2
       4) mengeluarkan CO2
Diantara proses di atas yang berlangsung pada bagian paru-paru adalah...
  • a. 1), 2), dan 3)
  • b. 1) dan 2)
  • c. 3) saja
  • d. 4) saja
16. Perhatikan gambar di samping ! 
bagian yang ditunjuk dengan nomor 1 terjadi proses …
  • a. mengubah lemak menjadi asam lemak
  • b. mengubah protein menjadi asam amino
  • c.  mengubah tepung menjadi zat gula
  • d. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
17. Perhatikan gambar sekema alat peredaranan darah di samping !
     Urutan peredaran darah kecil adalah …
  • a. 3 – 1 – 8 – 9
  • b. 3 – 2 – 5 – 3
  • c. 3 – 5 – 2 – 4
  • d. 4 – 2 - 7 – 9
18. Perhatikan gambar rangka kepala di samping !
      Bagian rangka kepala yang diberi tanda X adalah....
  • a. tulang dahi
  • b. tulang pelipis
  • c. tulang rahang
  • d. tulang ubun-ubun
19. Beras mengandung karbohidrat, sedangkan keju mengandung lemak. Kedua jenis makanan tersebut  berfungsi untuk …
  • a. pertumbuhan
  • b. menghasilkan tenaga
  • c. melarutkan zat-zat makanan
  • d. mengganti sel-sel yang rusak
20. Orang yang sering merasa lelah dan mata berkunang – kunang, terindikasi menderita penyakit anemia. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung …
  • a. karbohidrat
  • b. protein
  • c. zat besi
  • d. lemak
21. Rini belajar memasak agar-agar. Setelah mencampur agar-agar, santan, gula, air, Rini memansakan campuran tersebut. Setelah mendidih, campuran tersbut dituangkan ke dalam cetakan. Perubahan wujud yang terjadi setelah campuran dingin adalah …
  • a. menguap
  • b. mencair
  • c. membeku
  • d. menyublim
22. Peralatan dapur seperti panci, wajan dan oven biasanya terbuat dari bahan alumunium, karena alumunium memiliki sifat …
  • a. ringan dan bersifat konduktor
  • b. ringan dan bersifat isolator
  • c. murah dan mudah didapat
  • d. murah dan mudah dibentuk
23. Awan memarkir sepedanya di tempat yang terkena langsung sinar matahari. Tiba – tiba ban sepedanya meletus. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh …
  • a. udara di dalam ban menekan
  • b. udara di dalam ban memuai
  • c. udara di dalam ban menyusut
  • d. udara di dalam ban menguap
24. Berikut ini adalah contoh perpindahan panas secara konveksi yang terjadi di alam adalah …
  • a. pada saat kita beada di dekat api unggun badan kita terasa hangat
  • b. panas matahari sampai kebumi
  • c. ujung logam akan terasa panas saat ujung lainnya dipanaskan
  • d. tejadinya angin darat dan angin laut di sekitar pantai
25. Kegiatan pada gambar di samping kedua orang tersebut menggunakan gaya …
  • a. gaya pegas
  • b. gaya magnet
  • c. gaya otot
  • d. gaya gravitasi
26. Sebutir kelereng menggelinding jika disentil. Hal ini menunjukkan bahwa gaya memengaruhi…
  • a. gerak benda
  • b. bentuk benda
  • c. banyaknya benda
  • d. warna benda
27. Rama sedang menaikan sebuah drum kedalam truk dengan sebilah papan kayu. Jenis 
pesawat sederhana yang digunakan oleh Rama seperti pada gambar di samping adalah …
  • a. bidang miring
  • b. katrol
  • c. pengungkit
  • d. roda berporos
28. Perhatikan gambar di samping ! 
Sumber bunyi pada alat musik di samping ditunjukkan oleh nomor …
  • a. 1
  • b. 2
  • c. 3
  • d. 4
29. Perhatikan gambar di samping ! 
      Peristiwa seperti tampak pada gambar menunjukkan sifat 
      cahaya yaitu ....
  • a. cahaya menembus benda bening
  • b. cahaya merambat lurus
  • c. cahaya dapat dibiaskan
  • d. cahaya dapat dipantulkan
30. Pada gambar di samping terjadi perubahan bentuk energi…
  • a. listrik menjadi kinetik
  • b. kinetik menjadi listrik
  • c. kinetik menjadi bunyi
  • d. listrik menjadi bunyi
31. Perhatikan sumber energi berikut !
  • 1. Sinar matahari
  • 2. Minyak bumi
  • 3. Angin
  • 4. Batu bara
      Yang termasuk energi alternatif adalah nomor …
  • a. 1 dan 3
  • b. 2 dan 4
  • c. 3 dan 4
  • d. 1 dan 2
32. Perhatikan gambar rangkaian listrik di samping !
Jika saklar S2 diputus, lampu yang masih menyala adalah ....
  • a. L1 dan L3
  • b. L1 dan L4
  • c. L3 dan L4
  • d. L2 dan L3
33. Daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi tanaman memiliki curah hujan yang tinggi, beriklim sedang, dan terdapat banyak batuan kuarsa. Jenis tanah yang terdapat dipegunungan terebut adalah....
  • a. kapur
  • b. gambut
  • c. podzolik
  • d. endapan
34. Salah satu hasil pengolahan minyak bumi yang banyak digunakan adalah aspal. Aspal bermanfaat untuk....
  • a. membut lilin
  • b. membuat jalan
  • c. membuat plastik
  • d. pelumas
35. Kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi yang semula hijau menjadi kering dan tandus sehingga mudah mengalami erosi adalah …
  • a. pembangunan pusat perbelanjaan
  • b. membakar hutan untuk lahan pertanian
  • c. pembuatan sengkedan di lahan yang miring
  • d. membuang sampah tidak pada tempatnya
36. Perhatikan sumber daya alam berikut.
      1. Avtur, 2. Vaselin, 3. Biosolar, 4. Kerosin, 5. Gasohol, 6. Biogas. 
      Yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu nomor …
  • a. 1, 3, dan 4
  • b. 2, 4, dan 5
  • c. 3, 5, dan 6
  • d. 4, 5, dan 6
37. Planet berikut yang jaraknya paling dekat dengan matahari adalah …
  • a. Neptunus
  • b. Bumi
  • c. Jupiter
  • d. Mars
38. Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut !
      1) Pergantian siang dan malam
      2) Gerak semu tahunan matahari
      3) Perbedaan waktu di berbagai tempat di dunia
      4) Pergantian musim
      Pernyataan yang menujukkan akibat rotasi bumi adalah …
  • a. 1 dan 2
  • b. 1 dan 3
  • c. 2 dan 3
  • d. 2 dan 4
39. Perhatikan skema gerhana di samping !
Gerhana matahari sebagian seperti pada gambar di atas terjadi pada bagian bumi yang berada pada posisi nomor… .
  • a. 1 dan 2
  • b. 1 dan 3
  • c. 2 dan 3
  • d. 2 dan 4
40. Satu tahun syamsiah terdapat 365 hari di tahun biasa dan terdapat 366 hari di tahun kabisat. Perhitungan tahun Syamsiah didasarkan pada …
  • a. kala rotasi bumi
  • b. kala revolusi bumi
  • c. kala rotasi bulan
  • d. kala revolusi bulan